Apr 30, 2011

ikhlas itu bukti kekuasaan Allah

Hari minggu yang lalu kami mendapat kabar dari mbak Sakin di Makassar, bahwa Mas Udin (suaminya) telah berpulang ke rahmatullah.
Innalillahi wa innna ilahi roji'un , sedih benar mendengar kabar itu. Almarhum meninggal dunia karena sakit gagal ginjal yang baru diketahuinya 2 minggu sebelum beliau berpulang. Beliau meninggalkan seorang istri dan 4 orang putra/pi.

Mbak Sakin adalah istrinya (orang jogja) merupakan sepupu sekali dari papabon. Langsung saja papabon merencanakan berangkat ke makassar, mamabee juga mau ikut bersama si bumbee kecil.
Kami tiba keesokan harinya, langsung bertemu dengan mbak sakin.
Mamabee melihat mbak sain begitu tegar, ditinggal suami yang sangat dicintainya, bersama ke-4 anaknya (Sajidah, Ahnaf, Sumayah dan Ukasha) yang masih kecil, dan juga di kampung orang.
Mamabee langsung mengandaikan, apabila hal itu terjadi pada mamabee, mungkin belum setegar mbak Sakin itu. 

Bukannya dia tidak bersedih tapi dia sudah meng-ikhlaskan kepergian suaminya. Hingga di ujung akhir hayat suaminya dia setia mendampinginya. Bahkan ketika sakratul maut pun dia mendampingi suaminya. Satu yang membuatnya lega ketika mengantarkan suaminya melewati sakratul maut, saat itu almarhum melewati dengan tak putus melafazkan dua kalimat syahadat (bahkan tanpa dibimbingpun) dia tak putus mengucapkan, ditambah bacaan lain yang belum tentu dihafalkan oeh orang lain. Teringat olehnya sebuah jaminan (insyaAllah) bagi orang yang sebelum meninggal membaca 2 kalimat syahadat akan mati dalam keadaan khusnul khotmah, Amin Amin Amin Ya Rabbal Alamin.

Dan janji mereka untuk memesarkan anak-anak mereka menjadi generasi penghafal Al-Qu'ran insyaAllah akan terus dilaksanakan oleh mbak Sakin meskipun tidak lagi didampingi suaminya, itu yang menjadi semangat buatnya. Anak-anaknya belum mengerti  rasa kehilangan Abi mereka yang sangat seperti yang dirasakan umi mereka, mereka masih setia menunggu Abi mereka pulang ke rumah, bahkan si ahnaf (anak ke-2, laki-laki) menunggu Abi sembuh untuk kemudian pergi ke masjid lagi bersama.

Benar kata Ibu mertua, "Ikhlas itu bukti kekuasaan Allah SWT" itu pelajaran bagi kita yang ditinggalkan, entah kapan kita akan menyusul.
WallahuAlam :___(

Apr 23, 2011

laporan makan bumbee (minggu pertama)

ini dia laporan makan bumbee :
hari 1- 17.04.2011 :
Pagi : makan bubur beras dan asi  (dibuat encer)
kurang antusias mungkin karena masak buburnya kurang lunak. Jadi tiap menelan si bumbee sambil geleng-geleng kayak kegelian.
Siang : makan bubur beras dan asi  (dibuat encer)
karena (sepertinya) kurang doyan, mama ajinya ganti pakai pisang mas yang dipegang sendiri oleh bumbee, dia suka...tapi cyman digigit-gigit trus dukeluarkan lagi.
Malam : makan bubur beras dan asi  (dibuat encer)
lagi-lagi cuma 3 suapan

hari 2-4 18.04.2011-20.04.2011 :
Pagi : makan bubur beras+pisang dan asi  (dibuat encer)
Siang : makan bubur beras+pisang dan asi  (dibuat encer)
Malam : makan bubur beras+pisang dan asi  (dibuat encer)
Kalau ada unsur pisangnya dia suka sekali, 2 sendok makan bisa habis (50ml)
buburnya campuran 2 pisang mas dikeruk (bagian tengah tdk diambil) 

hari 5-6 21.04.2011-22.04.2011 :
Pagi : makan bubur beras+pisang dan asi  (dibuat encer)
Siang : makan bubur beras+pisang dan asi  (dibuat encer)
Malam : makan bubur beras+pisang dan asi  (dibuat encer)

hari 7-23.04.2011:
Pagi : pepaya keruk (tidak doyan, hanya 2 suap)
Siang :pisang (sukaaaa...1 pisang habis)

Apr 21, 2011

homemade: es puter durian


bahannya sederhana :
durian diambil dari  1 buah durian ukuran sedang
1 liter susu plain (saya pake ultra putih)
1 kaleng susu carnation
200gr whippy cream (saya peke merk haan-sekotak isi 2x200gr)

buatnya gampang :
masak durian dengan bijinya (tentunya setelah dikeluarkan dari kulitnya yang berduri-duri itu) dengan 1/2 kaleng susu carnation sebagai pengencer daging buah durian. Setelah mengental dan daging buah durian mulai terlepas dari bijinya matikan kompornya. Dinginkan.

Kocok 200gr whippy creamnya dengan 1 liter susu plain yang sudahdidinginkan sebelumnya. kocok hingga mengembang, kemudian masukkan sisa susu carnation aduk rata lagi.
Masukkan daging durian yang sudah dipisahkan dari bijinya (penampakannya seperti vla dengan serat2 durian) ke campuran susu dan whippy cream tadi, aduk rata lagi . Diaduk dengan kecepatan rendah.
Dinginkan di freezer, kalau sudah setengah membeku kira-kira 2 jam, kocok lagi menggunakan mixer. Lakukan 3-4 kali pengocokan sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.
Selamat berputa-putar menikmati es putarnya...

Apr 20, 2011

ketan pandan saus durian

Ketan dikasih pandan, trus dimakan pake saus durian, Pertama kali dengar. Ini dikasih sama teman, namanya Nana si ibu hobi masak-masak.
Tak terbayang rasanya, tapi pas dicoba makan, whow...enyak enyak enyak...
Apalagi saus durennya ...nyummm nyummm
*ngiler*

langsung saya tanya Nana, gimana sih buat saus durennya yang enak itu? 
Ini dia resepnya:

Saus Durian
Masak 750 ml santan kental, 2 daun pandan hingga wangi dan mendidih. Kemudian masukkan duren/durian (dari 1 buah duren ukuran sedang) . Tambahkan75gr gula merah , 20gr gula pasir (sesuai selera) aduk lagi sampai kental dengan api sedang.
Siap disajikan dengan nasi ketan yang dimasak pake santan dan daun pandan. :)

Apr 18, 2011

Homemade Tepung beras Merah

Hari ini Mamabee baru sempat membuat tepung beras merah sendiri. Untuk percobaan pertama mamabee menggunakan 1/2 liter beras merah. Karena kata teman, jangan banyak-banyak dulu. Biasanya tepung beras merah buatan rumahan hanya bisa bertahan sekitar 1 bulan dengan penyimpanan yang benar.

Bahan yang perlu disiapkan:
1/2 liter beras merah, cuci bersih kemudian rendam selama 1 malam.
3 lembar Daun pandan
blender untuk bumbu kering (yang tutupannya menhadap ke bawah)
saringan tepung
wadah  kedap udara (untuk menyimpan tepung yang sudah jadi)
wajan dan sutil
Wadah untuk tempat beras.

Cara membuatnya:
Setelah beras direndam semalaman, keringkan lagi dengan cara dijemur.
setelah kering betul maka bisa mulai memblender beras merahnya sedikit demi sedikit. (kalau tidak mau repot bisa dibawa ke tukang penggilingan beras).

Setelah di blender, tepung berasnya diayak menggunakan saringan tepung (yang halus). Sisa ayakan yang masih kasar diblender lagi sampai halus, lakukan berulang sampai beras habis.

Setelah itu, hasil ayakan tepung yang sudah halus kemudian disangrai (digoreng di wajan tanpa menggunakan minyak) dengan api kecil. masukkan daun pandan yang sudah dipotong-potong untuk menambah wangi tepung beras. Sangrai hingga tepungnya terasa ringan (hati-hati jangan kelamaan bisa gosong).
Kemudian satelah kering, tepungnya diayak lagi hingga halus selanjutnya didinginkan dahulu sebelum dimasukkan kedalam toples kedap udara. Bisa bertahan hingga 1 bulan dengan penyimpanan yang baik dan benar.

sumber : ASI FOR BABY & Nana Maulidya :P

Makan apa di hari pertama Bumbee?

17 april kemarin bumbee pas berusia 6 bulan. Sesuai kesepakatan kami akan mulai memberikan makanan pendamping Asi begitu usianya 6 bulan. Sepertinya bumbee masih berusaha mencerna dan mengecap-ngecap rasa lain dari asi yg bercampur butiran beras merah >.<

Kesimpulan kami dari hasil mengumpulkan informasi via internet dan milis-milis, ada 2 pendapat untuk memberikan makanan pertama ke bayi mereka:
  • Makanan pertama yang diberikan bayi bagusnya BUAH dulu. Karena buah lebih mudah dicerna bayi, dan paling mirip ASI kalau dicerna di perut kecil bayi.
  • Pendapat kedua, memberikan BUBUR BERAS TAWAR (tanpa rasa) ke bayi mereka dengan pertimbangan, beras dan sejenis serelia yang lain tingkat alerginya paling rendah, dan dengan rasanya yang tawar, bayi diharapkan tidak menjadi pemilih makanan.Kalau si bayi terlanjur diperkenalkan buah yang rasanya manis, dikhawatirkan dia tidak mau lagi makan-makanan tawar seperti bubur bersa di awal masa makannya.
Dan kami memutuskan untuk memberikan bubur beras merah dengan pertimbangan itu tadi (tingkat alergi rendah, beras merupakan makanan utamanya nanti) urusan buah nanti saja setelah terbukti dalam 3 hari ini Bumbee makan dan tidak timbul reaksi alergi atau masalah pencernaan lainnya (biasanya pupnya bayi jadi keras) .

Karena belum sempat mempraktekkan membuat tepung beras merah sendiri, mamabee memasak bubur berasnya seperti memasak bubur pad umumnya.
  • Ambil 1 sendok beras merah yang sudah dicuci bersih, masukkan di panci, masukkan air kira2 1 cangkir, masak hingga mendidih, kemudian matikan. biarkan terendam sampai 2 jam kemudian masak lagi hingga matang. 
  • Hasilnya beras merah bisa di blender. tapi karena takutnya blendernya bercampur bumbu dapur seperti cabe, jadinya bubur beras merahmya disaring saja pakai saringan kawat. Untuk menyajikannya diencerkan pake ASI yang sudah dipompa dari kemarin-kemarin.

Ada tips untuk membuat bubur beras merah ini:
  • Supaya berasnya cepat lumak, sebelum dimasak beras sebaiknya dicuci dan direndam selama minimal 2 jam.
  • Beras merah cenderung lebih keras dibandingkan beras putih biasa, jadi saat dimasak airnya semakin banyak semakin cepat lunak.
Untuk resep cara membuat tepung beras merah sendiri :

1 kg beras merah (organik lebih baik) cuci bersih dan rendam semalam dengan air bersih. pagi hari, keringkan dan jemur di tempat yang bersih. setelah beras merah kering, blender (pakai blender kecil yang bentuknya seperti mangkuk dibalik) sampai halus atau jika ingin lebih efisien, bawa ke tukang giling di pasar, dan titip giling di sana. lalu beras merah yang sudah diblender atau digiling disangrai di wajan (tanpa minyak) sekitar 5 menit. lalu dinginkan beras merah yang telah disangrai, simpan dalam toples kedap udara. beras merah ini bisa dipakai sampai 1 bulan.
(dari milis ASI FOR BABY)

Apr 17, 2011

Asi Ekslusif (DONE !)

Alhamdulillah, 6 bulan pertama masa menyusui ASI kami lewati bersama.
Ini merupakan pengalaman pertama kami. Bertekad memberikan ASI ekslusif buat anak kami Bumbee bukan perkara gampang. Setelah ada tekad, maka datanglah godaan. Itu sudah hukum alam :)

Siapapun pasti ingin memberikan yang terbaik buat anaknya, inilah yang terbaik yang bisa kami berikan buat Bumbee. Bukannya tanpa rintangan dan mudah menjalankan keinginan dan tekad kami. Banyak sekali hal-hal yang bisa membuat kita berubah haluan, dan tergoda untuk melalaikan iat kita itu :)

Kunci keberhasilan kami adalah dukungan yang kuat dari lingkungan sekitar, yang terdekat adalah suami/istri, keluarga, teman-teman bergaul,dan tak berhenti mencari informasi :)

Sejak masih hamil, kami berdua mencari-cari info tentang ASI. Kebanyakan dari ikutan seperti milis sehat, asi for baby, ikut forum di The Urban Mama, Aktif memantau lini masanya Aimi Asi, Ayah bunda, selamatkan ibu di Twitter.
Dari hasil mengumpulkan informasi sana sini, membawa kami pada keputusan :
  1. kalau melahirkan nanti maunya di rumah sakit bersalin yang menerapkan IMD
  2. syarat lain dari rumah sakitnya yaitu, memiliki Dokter dan perawat yang pro ASI
  3. Rumah sakit bersalinnya menerapka Kamar rawat gabung dengan Bayi "Rooming In"
  4. Akan memberikan ASI Ekslusif kepada Bumbee kelak dan melanjutkan sampai 2 tahun
  5. Kalau Bumbee sudah berusia 6 bulan, kami akan memberikan Makanan pendamping ASI (buatan sendiri-homemade) bukan yang instan. Meskipun tidak ahli memasak, tapi untuk yang satu ini Mamabee berusaha keras untuk belajar masak :)

Bersyukur, dari ke 6 Niatan (Awal) kami diatas, semuanya terpenuhi dengan baik :)
Mulai dari Melahirkan, benar...kami mendapatkan Rumah Sakit Bersalin yang menerapkan IMB (Inisiasi Menyusu Dini) dimana bayi sesaat setelah lahir akan dipotong tali pusarnya, kemudian ditengkurapkan (skin to skin) di dada ibu untuk mencari sendiri puting ibunya. Bumbee berhasil menemukan sendiri puting Mamabee tidak sampai 1/2 jam. Dan inilah yang mempertajam insting bayi kitika akan menyusu di masa yang akan datang. Serta berbagai keuntungan IMD lainnya , rumah sakit swasta milik seorang ibu dokter kandungan di makassar. Rumah sakit RESTU, direstuinya kami untuk mengambil keputusan melahirkan disana Dari sekian banyak rsb di Makassar, cuma ini yang benar-benar sesuar dengan harapan kami :)

Tak hanya IMD, para dokter dan perawatnya, selain ramah, mereka juga sangat membantu mulai dari proses melahirkan hingga saat dirawat pasca melahirkan.
Para Dokter dan Perawatnya yang berkomitmen PRO ASI, benar-benar kami buktikan. Dengan pengalaman Mamabee dirawat selama 5 hari di rsb RESTU.
Air susu mamabee belum lancar sampai hari ke-3 dan selama 3 hari itu Bumbee sama sekali tidak diberikan minum, karena yang ditunggu hanya benar-benar ASI dari mamabee, tak ada pemberian susu formula dan lainnya.
Keluarga yang lain sudah protes, kenapa si Bayi Bumbee belum juga diberkan susu, sedankan air susu mamabee belum juga keluar lancar. Para perawatpun tak ada yang menyarankan pemberian susu seain ASI, meskipun bayi-bayi yang ada disitu belum minum apa-apa sedari lahir.
Berkali-kali kami konsultasikan dengan dokter spesialis anak, kamipun khawatir kalau si bayi Bumbee kehausan, tapi oleh dokternya kami diyakinkan, bahwa kebutuhan susu bayi yang baru lahir sangat sedikit, sesuai dengan ASI yang keluar saat itu.

yang berikutnya, selama dirawat di rumah sakit, bayi kami Bumbee juga ikut bersama kami . istilahnya Rooming In, kamar bayi bergabung rawat degan kamar ibunya, Ini yang membuat ibu (keluarga) merasa tenang dan senang. Bisa melihat bayi kami yang baru saja dilahirkan setiap saat. batapa kerinduan kami akan kehadiran bayi dan penantian kami selama mengandung bisa terobati dengan kamar rawat gabung. Setiap saat bayi kami menagis, kami bisa langsung megetahuinya, dan hal ini yang bisa menajamkan insting menjadi seorang ibu baru. Tak ada asa was-was bayi akan ketukar :)
Dan tidur malam bersama bayi saat setelah melahirkan merupakan obat yang mujarab untuk iu yang baru melahirkan seperti mamabee, buaknnya tingaal diam atau berbaring seharian menunggu perawat membawakan bayi kita, namun di rumah sakit itu kami ikut aktif mengurus bayi yang bisa berkali-kali pipis dan bab dalam sehari. Bisa langsung belajar mengurus bayi, tentunya jika tidak tahu para perawatnya tidak segan-segan mengajarkan kepada kami :)

Nah, yang berikutnya adalah tekad Mamabee untuk memberikan ASI Ekslusif selama 6 bulan diawal dan dilanjutkan dengan memberi makanan pendamping selain ASI di saat 6 bulan keatas.
jangan dikira kami melewati masa ASI eklusif tanpa rintangan ya :)
Dari keluarga sendiri kadang ada yang meragukan kalau jumlah asi mamabee tidak mencukupi kebutuhan Bumbee. Belum lagi godaan saat ada tawaran bekerja dengan gaji berkali-kali lipat dari tempat kerja Mamabee yang dulu. Mungkin kalau tidak diingatkan denga janji akan memberikan ASI Ekslusif, dan tidak ada dukunga dari keluarga. Bisa runtuhlah pertahanan ASI Ekslusif ini. Untungnya ada Papabon yang senantiasa mengingatkan dan mendukung 100% **peluk papabon**

Dan, yang terakhir (untuk 6 bulan awal ini) mamabee benar-benar mencari banyak info mengenai makanan pendamping asi, Apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi bayi berusia 6 bulan yang baru pertama kali makan. Dan berusaha keras membuat/memasak sendiri makanan untuk bumbee pokoknya sehat, bergizi, segar dan 100% buatan tangan Mamabee deh...**kiss kiss bumbee** Asinya tetap jalan terus, hingga titik ASI penghabisan. kapanpun Bumbee masih membutuhkan, mamabee siap selalu sayang :)


Apr 14, 2011

bolu pisang dan muffin pisang

Kiriman resep berikutnya dari dapur ibu Nana adalah roti(bolu) pisang. Karena permintaan mamabee adalah resep kue tanpa menggunakan mixer. Jadi untuk mencampur adonan hanya menggunakan whisker atau adukan adonan manual. 




Ada sedikit "kecelakaan"saat membuat kue ini, setelah jadi dan pengicip pertama merasakan, kok tidak manis ya? akhirnya mamabee mencicipi sendiri , iya ya...kok nggak manis?
o la la...cek sms kiriman, ehm lupa dituliskan gula >.<
Nah...jadilah kue pisang ini manis alami hanya dari pisang saja. Dan rasanya sayang kalau sudah jadi 1 talang plus 6 biji muffin begini, Jadilah minta tolong dewan @sajiansedap, mbak riana @p3nnylan3 melalui twitter :)
Tanya : S.O.S sy buat banana bread lupa masukin gula. Udh jadi 1 loyang+ 6 cup. Disajikannya gimana duong. *gakmaurugi*
Jawab :
1.  sajiansedap @ sajikan pake eskrim vanilla, atau taburi dengan gula halus aja :D atau... Celup dalam cokelat cair.
2. annsjamsu @ kasi eskrim vanilla aja,atau atasnya ayak gula halus  
3. p3nnylan3 @ dikasih glazuur gula yg meleleh-leleh cantik @ 
Aha!!! solusiiii !Terimakasih :) Besok dicoba ah...
Ini di resepnya (yang sudah diedit, sudah ada gulanya lho ya )
Bahan:
3 buah pisang ambon
3 butir telur
essence vanilli
100gr margarin (dilelehkan)
230gr tepung terigu
115gr gula halus
1 sdt baking powder (double action)
1/4 sdt soda kue

Cara Membuatnya:
  1. Panaskan oven
  2. Semir talang tulban (talang bundar yang bolong tengahnya) dengan mentega
  3. pisang ambon dilumatkan menggunakan garpu (mamabee meminta bantuan bapak aji untuk melumatkan dan jadilah digilas pake gelas supaya cepat katanya)
  4. Lelehkan margarin (jangan sampai mendidih)
  5. Kocok lepas telur+essence vanilli dan gula
  6. Masukkan mentega yang sudah meleleh ke kocokan telur kocok lagi)
  7. Masukkan pisang yang sudah lumat ke campuran tadi.
  8. Ayak tepung terigu+baking powder+soda kue, masukkan sedikit-demi sedikit ke adonan tadi sambil terus diaduk hingga rata.
  9. Masukkan ke cetakan dan siap dipanggang 
note:
  • Mamabee membuat 2 resep, jadinya 1,5 adonan masuk ke talang tulban dan sisanya masuk ke cetakan mangkuk kertas.
  • untuk yang menggunakan mangkuk kertas, namanya menjadi muffin pisang ambon :)
  • Untuk gula halusnya bisa menggunakan campuran brown sugar (gula palem) dan gula halus putih dengan perbandingan 50:50, atau bisa juga sepenuhnya gula palem. terserah selera
  • Mamabee memasaknya menggunakan kompor gas api paling kecil

tahu goreng sambel kacang

bisa jadi pilihan untuk menyajikan sarapan secara cepat.

bahan:
tahu (direndam air garam selama 30 menit)
Kacang tanah goreng
cabe rawit 5 biji
2 siung bawang putih
sejumput garam
sedikit air asam jawa

cara membuatnya:
setelah tahunya direndam minimal 30 menit , goreng
sementara itu buat sambel kacangnya, ulek Kacang tanah goreng,cabe rawit 5 biji,2 siung bawang putih
,sejumput garam dan tuang sedikit air asam jawa. 
encerkan dengan air matang, siram tahu goreng yg sudah dipotong kecil-kecil. Taburkan bawang goreng, irisan kol tipis dan daun bawang. Jika suka, bisa ditambahkan kecap manis. Tambahkan kerupuk juga makin sippp...

Masaknya tidak sampai 15 menit

Apr 8, 2011

pennylane brownies versi mati lampu

pennylane brownies 
with topping almond (for almond lover)

lagi senang ber-eksperimen membuat berbagai kue tanpa menggunakan mixer (mamabee menyebut dengan versi mati lampu). Bermodal Whisker, dan copy resep dari dapur teman dan gooling sana sini.

Resep Pennylane Brownies (Manual tanpa mixer)
oleh : Nana Maulidya


Bahan:
4 btr telur ayam
375 gula halus
200 gr tepung terigu (segitiga biru)
60gr coklat bubuk
210 ml minyak goreng

Cara membuatnya:
aduk 4 btr telur ayam bersama dengan 375 gula halus menggunakan whisker (pengaduk adonan dari kawat) sampai berbuih, kemudian masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung terigu dan coklat bubuk. Aduk rata kembali. Terakhir masukkan 210ml minyak goreng. Aduk rata, jangan sampai ada yg menggumpal.
Tuang ke loyang yang sudah dialasi kertas roti dan diolesi margarin.
Panggang hingga matang.

Nah, kalau resep yang menggunakan MIXER, saya rekomendasikan resep dari mbak riana 
bahannya hampir sama, takarannya juga hampir sama cuma penambahan di campurannya berupa kenari saja, dan cara membuatnya menggunakan mixer (pengaduk adonan listrik)

Ingredients:
4 butir telur
450 gr gula pasir
225 ml minyak goreng (bisa pakai minyak kedelai/jagung)
60 gr bubuk coklat
210 gr tepung terigu
setengah sdt garam
1sdt vanili bubuk
120 gr kenari
85 gr choclate chips
almond untuk taburan
Directions:
1. Alasi loyang dengan kertas roti, dan olesi mentega. Panaskan oven 180 derajat Celcius.
2. Campur coklat bubuk, terigu dan vanili bubuk.
3. Kocok telur dan gula sampai mengembang dan butiran gula menjadi lebih halus. Masukkan garam, kocok lagi hingga rata.
4. Matikan mixer, ayakkan campuran tepung ke dalam adonan telur, aduk rata. Masukkan minyak goreng, aduk hingga rata.
5. Masukkan kenari dan chocolate chips, aduk rata.
6. Tuang adonan ke loyang, panggang kurang lebih 35 menit. Test dengan tusuk gigi/lidi yang bersih.
7. Dinginkan sebelum dikeluarkan dari loyang dan dipotong-potong.

 Untuk penyajian dapat contekan dari Silvie Gill (keluarga cemara)

Taruh satu potong Brownies di atas piring, lalu 1 scoop Vanilla Ice Cream dan 1 slice buah peach kalengan. Untuk yang tidak pantang Alkohol, tuangi Kahlua sebagai Topping. Kira-kira begitulah cara Cafe Batu Jimbar di kawasan Sanur, Bali menyajikan Brownies mereka. Reminds me of the old days when we lived in Bali for 4 years.
~Silvie Gill
Mamabee membuat 1 resep tapiii...talangnya tidak cukup. Jadinya ada sisa adonan sedikit, jadi dipisahin di talang ke-2, adonannya jadi lebih sedikit, pas jadinya pun lebih tipis dan lebih krispi...nyemmmm enyakkkk.
Pasti penggemar pinggiran cake menyukai pennylane brownies versi tipis kranci krenyes ini :)
1 potong tidak cukupppp >.<

note:
whisker : pengaduk adonan yang terbuat dari kawat, biasanya berbentuk bulat balon seperti gambar ini
http://www.bahankue.info/wp-content/uploads/2010/03/balon-whisker1-150x150.jpg

Apr 7, 2011

dangkot


Mamabee belum terlalu lama mengenal masakan ini, mungkin sekitaran awal 2007. Dulu di Sorowako ada 1 warung yang jualan menu dangkot ini, tapi sekarang warungnya sudah tutup.
Paling enak memang menggunakan daging itik atau bebek kampung, tapi karena di pasar sorowako jarang yang jualan bebek musti dipesan dulu) jadinya mamabee menggantinya dengan daging ayam. Lebih enak lagi kalau daging ayam kampung (dagingnya keras dan kering).
Yang paling khas dari masakan ini adalah sensasi pedas dan harum bumbunya.

Ini kali pertama mamabee memasak dangkot, untuk resep kiralogi ini
Bahan:
1/2 ayam (dipotong kecil-kecil)
1 ruas jahe
1 bongkol lengkuas
10 batang serai
5 bawang merah
5 bawang putih
20 biji cabe rawit (kalo suka pedas bisa ditambah)
3 lombok besar
5 daun jeruk purut
garam (secukupnya)
daun kemangi (optional)

cara memasak:
Potong kecil ayamnya, cuci bersih.
Semua bumbu dihaluskan kecuali daun jeruk dan daun kemangi.
Setelah halus, tumis bumbu dan masukkan daun jeruk, setelah harum lalu masukkan potongan ayam. masak hingga minyaknya berkurang. terakhir saat mau disajikan taburkan daun kemangi :)
Sajikan bersama nasi putih hangat. 

what a wonderful world

Setiap hari, begitu membuka mata yang terlihat pertama kali adalah dunia kecil yang begitu indah.
Senyum dari orang-orang tercinta adalah hal sederhana yang membuat kami tak berhenti mengucap syukur. 

I see trees of green,
red roses too.
I see them bloom,
for me and you.
And I think to myself,
what a wonderful world.

I see skies of blue,
And clouds of white.
The bright blessed day,
The dark sacred night.
And I think to myself,
What a wonderful world.

The colors of the rainbow,
So pretty in the sky.
Are also on the faces,
Of people going by,
I see friends shaking hands.
Saying, "How do you do?"
They're really saying,
"I love you".

I hear babies cry,
I watch them grow,
They'll learn much more,
Than I'll ever know.
And I think to myself,
What a wonderful world.

Yes, I think to myself,
What a wonderful world.

Oh yeah.
*Louis Armstrong

Apr 5, 2011

milestones

First kissFirst time crawlingFirst time rolling over First smile
First haircutFirst time standing upSaid "mama" or "dada"First outing
First vacationFirst time sitting upFirst day of childcareFirst doctor visit
First stepsStarted solidsFirst time with babysitterFirst bath
First wordsSlept through the nightMet grandparentsBrought baby home
First waved goodbyeFirst toothFirst laughBirth

aneka resep puree (MPASI 6 bulan keatas)

Mamabee mengumpulkan berbagai resep puree untuk perkenalan makanan pertama Bumbee Bahan utamanya dari buah dan campuran ASI 
Catatan :
Susu Formula sebagai campuran bisa diganti dengan susu UHT (untuk anak lebih dari 12 bulan). Untuk Anak <12 Bulan berikan ASI sebagai campuran terbaik.
- supaya tidak merusak kualitas susu (ASI/formula) jangan memasak susu di atas api, campurkan susu dibagian akhir setelah adonan puree diangkat dari api.

tropical-fruit-puree.jpg
1 Mango, chopped
2 Kiwi, peeled and chopped
1 Cup Papaya, peeled and chopped
1. Place the ingredients into a food processor and puree.
2. Serve.
*Place in Baby Cubes and freeze.

PUREE ALPUKAT 

Nutrisi Utama: Serat, Vitamin E

Bahan:
1 buah alpukat matang
ASI/susu formula dicampurkan air matang secukupnya
Cara Membuat:
1. Buang biji alpukat, lalu haluskan daging buahnya.
2. Campurkan dengan ASI atau susu formula dengan kekentalan yang diinginkan.
Saran Penyajian: Berikan puree alpukat sebagai makanan tunggal atau campur dengan puree sayur/buah lainnya.
Variasi: Buah alpukat dikeruk halus dan langsung sajikan

PUREE PISANG I

Nutrisi Utama: Potasium
Bahan:
1 buah Pisang
Cara Membuat:
  1. Pisang dikupas dan potong-potong.
  2. Haluskan dengan garpu/saringan kawat. Tambahkan ASI atau susu formula untuk mengencerkan.

PUREE PISANG II

Nutrisi Utama: Protein, Karbohidrat, Zat besi, Potasium & Calcium
Bahan: 1 buah pisang matang*
Optional:
Yoghurt**
Tepung Cereal*** (Tepung beras, tepung gandum, oatmeal, dll.)
Cara Membuat:
  1. Haluskan pisang dengan bahan-bahan tambahan yang diinginkan.
  2. Sajikan, dinginkan atau bekukan.
*Pisang yang sangat matang lebih baik untuk sistem pencernaan bayi.
**Yoghurt membantu keseimbangan sistem pencernaan bayi, aman diberikan setelah anak berusia 9 bln.
*** Tepung sereal adalah sumber zat besi, kalsium, vitamin dan mineral.

PUREE MELON

Nutrisi Utama: Beta karoten, Vitamin C & Kalium
Bahan:
4 iris sedang buah melon
Cara Membuat:
  1. Kupas dan buang biji melon.
  2. Cuci sampai bersih.
  3. Kukus selama 2-3 menit. Angkat dan tiriskan.
  4. Haluskan.

PUREE PEPAYA/MANGGA

Bahan:
1 iris sedang papaya/mangga matang

Cara Membuat:
Pepaya/mangga dikupas, cuci, ambil dagingnya, potong-potong kecil dan haluskan. Bisa disajikan langsung atau tambahkan air matang/ASI/susu formula sampai kekentalan yang diinginkan.

PUREE APEL/PIR/PEACH/PLUM

Nutrisi Utama: Kalium & Vitamin C
Bahan:
1 buah apel/pir/peach/plum matang ukuran sedang
Cara Membuat:
  1. Buah dikupas, buang bagian tengahnya, cuci sampai bersih.
  2. Potong menjadi 4 bagian.
  3. Kukus di atas api sedang selama 5-10 menit.
  4. Angkat dan tiriskan. Setelah dingin, haluskan dengan blender, tambahkan air matang atau ASI/susu formula sampai kekentalan yang diinginkan. 
Puree Nasi/Oatmeal:
Masak beras 1 genggam dengan air sampai berupa bubur nasi encer yang matang dan creamy. Saat memasak buburnya, saya suka pake alat puree untuk mengaduk supaya lebih creamy.


Puree Kentang & Ubi Merah:
Kupas dan cuci bersih kentang/ubi merah, kemudian potong kecil-kecil. Masak kentang/ubi merah dengan air yang agak banyak sampai lunak dan matang, kecilkan api dan mulai aduk dengan menggunakan alat puree sampai kelembutan yang diinginkan.
Angkat, masukkan ke dalam mangkok dan campurkan susu (ASI/formula) sampai texturnya creamy.

Puree Jagung Manis:
Cuci bersih jagung, bersihkan dari rambut kemudian sisir jagung. Masak jagung dengan air hingga lunak dan matang, angkat. Masukkan kedalam wadah, dan mulai buat puree. Saring puree jagung dengan saringan kawat untuk memisahkan bagian kulit jagung.
Setelah didapatkan tektur yangbersih dari kulit jagung, masukkan susu (ASI/formula) dan aduk rata sampai creamy.

Puree Kentang dan Bayam

Resep untuk menyapih bayi ini adalah sumber betakaroten dan vitamin C yang sangat baik bagi tubuh.
Yang Anda perlukan:
1 kentang ukuran sedang, kupas dan dipotong persegi
20g bayam

Yang Anda lakukan:
1) Rebus kentang dalam air tanpa garam sampai empuk.
Kukus bayamdalam wadah, letakkan di atas kentang beberapa menit sebelum kentang matang.
2) Keringkan dan hancurkan kentang dengan sedikit susu yang biasa dikonsumsi bayi.
3) Buat puree dari bayam dan tambahkan ke atas kentang. Cairkan tekstur ini dengan air matang atau susu yang biasa dikonsumsi bayi Anda.

Resep makanan bayi yang satu ini lembut, gurih dan lezat pasti disantap si mungil dengan lahap. Alpukat mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang sangat diperlukan oleh bayi.  Asalkan jangan terlalu sering menambah alpukat dalam menu terutama jika digabung bersama susu formula dan keju, untuk menghindari penumpukan lemak dalam lambung.
Bahan:
50 gr Alpukat, kupas dan potong kecil-kecil
25 gr bayam hijau, ambil daunnya
3 sdm perasan jeruk baby
Cara membuat:
1. Kukus bayam hijau hingga lunak
2. Campurkan bayam, alpukat dan perasan jeruk lalu blender hingga halus
3. Tuang dalam mangkuk dan sajikan segera


 sumber :
1.http://www.makananbayi.org
2.http://babybundel.blogspot.com/1999/06/aneka-resep-puree-u-baby-6-bulan-ke.html
3.http://www.menumakananbalita.com 
4.http://www.menumakananbalita.com/category/resep-makanan-pendamping-asi-6-bulan-9bln/


Apr 4, 2011

bumbee siap BLW ?

BLW : Baby Led Weaning adalah metode bertahap menyapih bayi dari diet susu ke makanan padat. Hal ini memungkinkan bayi untuk mengontrol asupan makanan padat nya sendiri-makan sejak awal proses penyapihan.

Bayi ditawarkan berbagai makanan untuk memberikan diet seimbang dari sekitar 6 bulan. Mereka sering mulai dengan mengambil dan menjilati makanan, sebelum maju untuk makan. Bayi biasanya mulai makan sendiri sekitar 6 bulan, meskipun beberapa akan mencapai untuk makanan sedini 5 bulan dan beberapa akan menunggu sampai 7 atau 8.  Tujuan dari proses ini adalah bahwa masing-masing disesuaikan dengan bayi tertentu dan pengembangan pribadi mereka.  

Awal makan sendiri sering mengakibatkan usaha kecil makanan yang sangat ditelan sebagai bayi mengeksplorasi tekstur dan selera, tetapi bayi akan segera mulai menelan dan mencerna apa yang ditawarkan.  ASI dilanjutkan bersamaan dengan penyapihan dan susu selalu ditawarkan sebelum padat dalam 12 bulan pertama. Meskipun menyusui adalah pendahulu ideal untuk bayi menyebabkan penyapihan (seperti bayi telah terkena rasa yang berbeda melalui air susu ibunya dan tindakan rahang digunakan selama menyusui membantu bayi belajar mengunyah), juga mungkin untuk memperkenalkan botol- bayi makan makanan padat dengan menggunakan metode BLW. Botol-makan bayi dapat berhasil menyapih menggunakan BLW, meskipun mungkin memakan waktu lebih lama bagi bayi untuk terbiasa dengan rasa dan mengembangkan kemampuan untuk mengunyah.
(http://en.wikipedia.org/wiki/Baby-led_weaning)

DO’s
  • Posisikan bayi pada posisi duduk tegak ketika sedang bereksperimen dengan makanannya, jangan sambil terlentang/setengah duduk. Bayi yang diposisikan duduk tegak akan secara refleks mengeluarkan makanan yang tidak mampu dicernanya (biasanya potongan2 besar buah/sayur) baik dikeluarkan langsung maupun dibatukkan atau dimuntahkan. Memposisikan bayi dengan sedikit terlentang / setengah duduk hanya akan membuat bayi sulit untuk mengeluarkan makanan sehingga lebih berbahaya apabila tersedak. Hal ini masih biasa untuk dilakukan apabila bayi diberi makan melalui spoon fed dimana bayi yang belum mampu duduk tegak akan sedikit ditelentangkan oleh ibu untuk memasukkan puree ke dalam mulutnya. But it’s a BIG NO for BLW
  • Mulailah dengan memberikan makanan yang mudah untuk diambil dan dipegang, bentuk yang paling mudah dipegangnya adalah yang dipotong berbentuk batang yang tebal (thick stick).
  • Tawarkan makanan yang bervariasi, baik variasi dalam warna,rasa maupun tekstur sehingga nutrisinya juga akan beragam dan kemampuannya mengenali makanan juga akan meningkat. Akan tetapi perlu diingat agar jangan terlalu memenuhi piring/tray dengan beragam makanan karena akan membuatnya bingung, berikan secukupnya dan bila kurang dapat ditambah kemudian.
  • Teruskan memberi asupan susu (ASI/sufor) serta berikan air putih setelah waktu makan, karena di awal BLW biasanya bayi hanya bereksperimen dan bereksplorasi, hanya sedikit yang dimasukkan mulut. Jumlah asupan susu ini akan berkurang secara bertahap seiring dengan makin berkembangnya kemampuan bayi dalam ber BLW.
  • Diskusikan pengenalan makanan padat ini dengan konsultan kesehatan apabila terdapat riwayat intoleransi makanan, alergi, masalah pencernaan, ataupun masalah kesehatan lainnya.
  • Jelaskan mengenai mekanisme kerja BLW kepada pengasuh apabila bayi ditinggal bersama pengasuhnya.

DONT’s
  • Jangan tawarkan makanan yang kurang baik pada bayi, seperti makanan cepat saji, makanan yang mengandung gula dan garam,
  • Jangan tawarkan makanan pada bayi yang sedang kelaparan, sebaiknya bayi disusui terlebih dahulu sebelum diberikan makanan.
  • Jangan mengganggu konsentrasi bayi yang sedang makan, dan jangan memaksanya untuk mempercepat makan, berikan waktu pada bayi untuk menikmati makanannya.
  • Jangan memasukkan makanan ke dalam mulut bayi, biarkan bayi mengontrol sendiri makanan yang akan dimasukkannya ke dalam mulut, Hal ini penting untuk menghindarkan bayi dari tersedak sekaligus melatih kemampuan bayi dalam memegang makanan.
  • Jangan membujuk atau memaksa bayi untuk makan lebih dari yang ia inginkan. Bila bayi menangis, membuang makanan atau tidak tertarik lagi dengan makanan didepannya, itu artinya waktu makan telah usai.
  • Jangan pernah meninggalkan bayi makan sendirian tanpa diawasi!!! selain bahaya bila bayi tersedak tanpa pengawasan, makan sendirian juga ga enak toh??? :) 
     
    (http://mounawibisono.wordpress.com/2010/08/19/blw-dos-donts/)

    -          Think of mealtimes as playtimes at the beginning
    Pada awal-awal memulai BLW, waktu makan hanyalah waktu untuk bayi belajar, bereksperimen dan mengeksplorasi makanannya.
    -          Keep giving milk feeds on demand
    Sumber nutrisi utama bayi masih berasal dari ASI/sufor, makanan hanyalah sebagai tambahan, bukan pengganti susu. Jadi, tetap berikan susu sesuai permintaan bayi. Lama kelamaan jumlah susu yang diminum akan berkurang dengan sendirinya.
    -          Don’t expect your baby to eat much food at first
    Bayi tidak serta merta memerlukan makanan ekstra hanya karena dia telah mencapai usia 6 bulan. Ketika mereka sudah menyadari bahwa makanan memiliki cita rasa yang lezat, mereka akan mulai mengunyah, dan kemudian menelannya. Untuk beberapa bulan awal BLW kadang bayi hanya makan sedikit saja.
    -          Try to eat with your baby and include her in your meals whenever possible
    Karena bayi adalah makhluk kecil yang suka meniru, jadi dengan menyertakannya dalam waktu makan ia akan lebih mudah meniru orang dewasa untuk makan, serta lebih menikmati waktu makannya.
    -          Expect some mess
    Ini yang sering dikhawatirkan oleh ibu2, kotoran yang diakibatkan oleh proses BLW. Untuk meminimalisirnya kita dapat memakaikan slaber, atau mengalasi kursi makan dengan koran/plastik sehingga kekotoran yang ditimbulkan dapat dikurangi. Tapi, lagi2, kotoran yang diakibatkan ini tidak sebanding dengan manfaat yang diberikannya, jadi siap-siap ya!!!
    -          Keep it enjoyable, for both of you
    Dengan menjadikan waktu makan menyenangkan maka bayi akan lebih tertarik untuk mengeksplorasi dan bereksperimen dengan makanan-makanan baru, serta akan selalu menanti-nanti waktu makan.
 

have a good Monday, Papabon!

simply breakfast,
have a good Monday Papabon :)

Apr 3, 2011

oreo "blueberry" blast

oreo "blueberry" blast :)
 
Untuk 1 gelas bell soda ----> blender 1 gelas susu cair vanilla low fat, 3 sdm cairan gula (atau sesuai selera), es batu secukupnya, 3 keping oreo rasa blueberry

PIE BUAH

resepnya menyusul ya :)

MIE CELOR

Resep (kiralogi) MIE CELOR :
Mie Kuning satu bungkus (rebus dan tiriskan)
Untuk Kuahnya :
5 siung bawang putih (potong bagi 3)
2 sdm Ebi kering (rendam dalam air panas)
Santan encer
2 batang sereh (dikeprak)
1 jahe (seukuran jempol Nana)
Udang (kupas, dan pisahkan kepalanya) potong bagi 3 bagian
Toge+sawi (optional kalo suka sayur)


Cara Memasak :
Gereng potongan bawang putih sampai harum, kemudian ulek bersama ebi yang sudah ditiriskan, tambahkan garam dan gula.
Setelah itu panaskan minyak, tumis bumbu yg sudah diulek, masukkan sereh dan jahe...tumis sampai harum. Masukkan Udang kupas yg sudah dipotong kasar, tumis hingga udang berwarna oranye. Masukkan santan encer. Didihkan kemudian masukkan sayuran (toge dan sawi).
Sajikan dengan irisan daun bawang dan kerupuk.

Apr 2, 2011

tempe penyet

Paling suka membuat tempe penyet ini pakai tempe yang belum jadi benar. Jadi masih agak terhambur karena jamurnya belum membungkus biji-biji kedelainya. Biasanya kami membeli tempe langsung di pabriknya, minta tempe yang belum nampak jamurnya, jadi masih berbutir-butir :)

Bahan :
Tempe (digoreng utuh sampai kecoklatan kemudian di tumbuk pakai ulekan sampai tempenya agak hancur)
Untuk Sambelnya : Bawang merah, bawang putih, terasi, garam, tomat semuanya diulek sampai halus kemudian campur dengan daun kemangi. Tumbuk lagi tapi jangan sampai halus. Tumbuk kasar saja sebentar.
Trus, taburin ke atas tempe yg sudah ditumbuk kasar tadi...Enak dimakan bersama nasi putih hangat.

ASIP untuk MPASI bumbee

Wahhhh...usia bumbee sekarang sudah 5 bulan, sesuai rencana kami si bumbee akan diberikan makanan pendamping Asi (MPASI) saat usia 6 bulan. Sebulan lagi >.<
Untungnya Bumbee sudah menunjukkan tanda2 mau makan, saat kita makan di depannya mulutnya sudah ikut mengecap-ngecap lidahnya dengan penuh selera. Wajahnya senang sekali kalau melihat pisang. Sambil mulutnya terbuka tangan dan kakinya gerak-gerak heboh. Kalau pisangnya didekatkan ke mulutnya kidahnya langsung menjulur mengecap-ngecap. Artinya dia sudah punya selera makan!
Mamabee juga mulai persiapan "lebih rajin" memompa ASI untuk campuran ke bahan makanan Bumbee nanti. Selain itu bumbee juga sudah mulai pandai minum menggunakan gelas atau sendoknya.


Persiapan Mamabee:
1. Jauh-jauh hari sejak usia Bumbee masih 1 bulanan, Mamabee mulai belajar memompa Asi.
Memompa Asi kalau tidak sering dilakukan dan dilatih akan menimbulkan masalah. Rasa sakit saat memompa bisa membuat kita canggung saat memompa. Tapi, kalau sudah terbiasa...rasa sakitnya akan semakin berkurang dan hasil pompanya pun bisa lebih banyak :). Selain itu ternyata rajin memompa Asi bisa membantu meningkatkan produksi ASI :)

2. Perlengkapan ASIP berupa pompa sudah disiapkan dan di sterilkan.
Mamabee punya 2 pompa, satu pompa manual yang memompanya pake tangan yang satunya dipinjemin teman berupa pompa elektrik. Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Untuk Pompa manual :
  • (+) Tidak ribut jadi bisa dilakukan bersamaan saat bumbee sedang menyusu.Biasanya saat menyusui maka payudara (PD) sebelah (yang sedan tidak diisap) juga akan mengeluarkan asi, sayang kalau dibiarkan terbuang begitu saja. Apalagi ASI mamabee lumayan banyak.
  • (+) Pengaturan kekuatan pompanya kita bisa atur sendiri kalau sakit kita bisa memompa agak pelan kalau mau hasilnya maksimal, kekuatan pompanya kita yang atur sendiri. Kendali ada ditangan kita.
  • (+) Siap dibawa travel kemana-mana tanpa ribet memikirkan charger atau baterai.
  • (-) Tangan cepat pegal saat memompa. dimana tangan yang satu menjaga perlekatan cup di PD sedangkan tangan yang satu sibuk memompa..trus siapa yang pegang bayi saat dilakukan bersamaan nenen bayi dong?
  • (-) Sukar dilakukan pemompaan sambil posisi berbaring menyusui bayi)
Untuk Pompa Elektrik :
  • (+)Bisa dilakukan sambil menyusui bayi (tapi saat bumbee tidak tidur) karena suaranya lumayan berisik
  • (+)Tangan tidak pegal karena tidak ada lagi tangan yg berfungsi memompa, tinggal tekan tombol...seeetttt Asi pun mengalir.
  • (-) Suaranya berisik jadi mengganggu bumbee saat menyusu sambil tidur. Padahal Waktu terbaik buat memompa Asi Mamabee adalah saat bumbee menyusu>.<
3. Mempersiapkan botol penampungan untuk menyimpa ASIP di kulkas (freezer)
Mamabee menggunakan botol kaca bekas YOU C 1000. Setelah isinya habis, botolnya direndam dengan air panas semalaman, keesokan harinya labelnya juga akan terkupas dengan sendirinya. Setelah itu dicuci menggunakan sabun cuci (kami menggunakan cairan pembersih yang khusus untuk memcuci perlengkapan makan bayi merek chicco)

4. Twitteran, join milis, gabung club breastfeeding dan rajin browsing
twitteran : mamabee menjadi pengikut setia @aimi_asi , @theurbanmama, @selamatkanbunda, @ayahbunda
milis : ikut milis sehat
bergabung di klub da forum seperti theurbanmama yang salah satu topik pembahasannya adalah ASI, ASIP dan MPASI (komplit deh) http://theurbanmama.com/forum/topic346-mpasimpasu-babyled-weaning.html
http://theurbanmama.com/forum/topic125-mpasi-makanan-pendamping-asi.html
http://www.babycenter.com.sg/baby/startingsolids/babyledweaning/
browsing ke web : theurbanmama dll